PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KOMPETENSI TUTOR, DAN BRAND TRUST TERHADAP LOYALITAS PENGGUNA JASA LEMBAGA BIMBINGAN AHE SAWAHAN BOYOLALI

Tyas Purnaning Yanur, Maria G Sukamdiani, Ngaisah Ngaisah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kompetensi Tutor, Dan Brand Trust Terhadap Loyalitas Pelanggan Lembaga Bimbingan Belajar Ahe Sawahaan Boyolali. Dimana variabel independen yaitu Kualitas Pelayanan (X1), Kompetensi Tutor (X2) dan Brand Trust  (X3)  mempengaruhi Loyalitas Pelanggan (Y) sebagai variabel dependennya. Populasi dalam penelitian ini adalah wali murid Ahe Sawahan Boyolali . Sampel diambil sebanyak 50 orang responden dengan menggunakan Teknik Purposive Sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode survey melalui kuesioner yang diisi oleh wali murid. Kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis regresi berganda, Uji Hipotesis melalui Uji t dan Uji F, serta analisis Koefisien Determinasi (R2). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh persamaan regresi.

𝑌 = 2,002 + 0,038𝑥1 + 0,043𝑥2 + 0,223𝑥3. Berdasarkan analisis data statistik, indikator-indikator pada penelitian ini bersifat valid dan variabelnya bersifat realibel. Secara individual, variabel yang memiliki pengaruh paling besar adalah variabel Brand Trust dengan koefisien regresi sebesar 0,223, diikuti oleh variabel Kompetensi Tutor dengan koefisien regresi 0,043 dan Kualitas Pelayanan dengan koefisien regresi 0,038. Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa variabel Kualitas Pelayanan, dan Kompetensi Tutor tidak berpengaruh secara signifikan terhadap variabel dependen Loyalitas Pelanggan serta Brand Trust secara signifikan mempengaruhi variabel dependen Loyalitas Pelanggan. Hasil perhitungan Adjusted R Square sebesar 0,456 (45,6%) menunjukkan bahwa variabel Brand Trust  dapat dijelaskan oleh variabel Kualitas Pelayanan, Kompetensi Tutor dan Brand Trust. Sedangkan sisanya sebesar 54,4% dijelaskan oleh variabel lain diluar ketiga variabel yang digunakan dalam penelitian ini.

Kata kunci : Loyalitas Pelanggan, Kualitas Pelayanan, Kompetesi Tutor dan Brand Trust.


References


Asmiarsih. 2006. Pengaruh Pengawasan Terhadap Disiplin Kerja pegawai. Brebes. Badan Kepegawaian Daerah

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Bejo Siswanto. 2014. Manajemen Tenaga Kerja Rancangan dalam Pendayagunaan dan Pengembangan Unsur Tenaga Kerja. Bandung : Sinar Baru

Mowat. 2002. Microbial Physiology Fourth Edition. A John Wiley & Sons, Inc., Publication. New York.

Natalia Susanto. 2019. Pengaruh Motivasi Kerja, Kepuasan Kerja, Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Divisi Penjualan PT. Rembaka.

Nitisemito. 2001. Manajemen Personalia. Jakarta. Ghalia Indonesia.

Novita Marlia. 2010 . Pengaruh Kompensasi Terhadap Kinerja karyawan pada CV Alam Prima Komputer Bandar Lampung. Lampung : Universitas Lampung Bandar Lampung .

Rani Mariam. 2009. Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai pada Kantor Pusat PT. Asuransi Jasa Indonesia (Persero). Jakarta. UIN

Ranty Sapitri. 2016. Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Perusahaan Listrik Negara Area Pekanbaru, Riau.

Sedarmayanti. 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung : PT. Revika Aditama.

Sutianingsih, S., & Handayani, R. (2023). INDIVIDUAL CHARACTERISTICS IN PATH-GOAL THEORY TO INCREASE PRODUCTIVITY. Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen, 16(2), 142-151.

Sutianingsih, S., & Handayani, R. (2023). INDIVIDUAL CHARACTERISTICS IN PATH-GOAL THEORY TO INCREASE PRODUCTIVITY. Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen, 16(2), 142-151.

Yudea, N., & Sutianingsih, S. (2022). EFFECT OF WORK MOTIVATION, WORK ENVIRONMENT, AND COMPETENCE ON EMPLOYEE PERFORMANCE AT BANK JATENG BOYOLALI REGIONAL BRANCH. International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), 6(4).

Budiyono, B., & Sutianingsih, S. (2021). Peran Kepuasan Pelanggan Dalam Memoderasi Pengaruh Perceived Value Terhadap Loyalitas Pelanggan. EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 5(4), 445-469.

Sutianingsih, S., & Handayani, R. (2023). INDIVIDUAL CHARACTERISTICS IN PATH-GOAL THEORY TO INCREASE PRODUCTIVITY. Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen, 16(2), 142-151.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 JURNAL WIRANOMIKA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.