PENGARUH PROFITABILITAS DAN LIKUIDITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Empiris pada Perusahaan Telekomunikasi yang Terdaftar di BEI)

Kurnia Putri Maharani, Ahmad Husin, Agus Triatmono

Abstract


Fenomena yang terjadi selama pandemic covid 19 adalah banyak perusahaan telekomunikasi yang go public berkembang dengan baik, dimana disisi lain pada saat pandemibanyak perusahaan yang mengalami kerugian besar bahkan pailit. Permasalahan dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pengaruh profitabilitas dan likuiditas terhadap nilai perusahaan dengan ukuran perusahaan sebagai variabel intervening pada perusahaan telekomunikasi yang terdaftar di BEI periode tahun 2019 – 2021.

Jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian kuantitatif dengan sumber data sekunder. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahan jasa telekomunikasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2019 – 2021 sebanyak 19 perusahaan. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling sebanyak 16 perusahaan yang memenuhi kreteria. Teknik analisa data dengan menggunakan teknik analisis regresi dengan path analysis.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas dan likuiditas mampu mempengaruhi nilai perusahaan, profitabilitas berpengaruh terhadap ukuran perusahaan, likuiditas tidak berpengaruh terhadap ukuran perusahaan, ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, serta profitabilitas dan likuiditas tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan melalui ukuran perusahaan

 

Kata Kunci : Profitabilitas, Likuiditas, Ukuran Perusahaan, Nilai Perusahaan

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 JURNAL WIRANOMIKA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.