PENGARUH STRATEGI PEMASARAN MELALUI DIGITAL MARKETING DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENJUALAN (Studi Pada Usaha Keeanna Home Service Grill And Suki)

Fitria Resta Ardila, Edi Purwanto, Santosa Tri Prabawa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media sosial, google bisnis, dan marketplace terhadap peningkatan penjualan pada Keeanna Home Service Grill And Suki baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data studi kepustakaan dan studi lapangan melalui observasi, wawancara dan penyebaran angket dengan skala Likert. Alat analisis untuk uji hipotesis menggunakan aplikasi SPSS dengan  uji t, uji F dan Uji R. Hasil analisis pengolahan data dengan SPSS, diperoleh persamaan dari analisis regresi linier berganda yaitu ; Y= 0,653 + 0,302 X1 + 0,097 X2 + 0,559 X3.  Analisis   Uji t media sosial (X1) diperoleh nilai t hitung  3,266 > t tabel= 1, 988. Artinya terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel media sosial (X1) terhadap variabel   penjualan (Y).  Uji t google bisnis  (X2) sebesar t hitung 0,685 < t tabel = 1,988. Artinya tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara google bisnis (X2) terhadap penjualan (Y). Uji t marketplace (X3) sebesar t hitung 4,361 > t tabel 1,988. Artinya terdapat pengaruh positif dan signifikan antara marketplace (X3) terhadap penjualan (Y). Analisis  uji F diperoleh F hitung sebesar 48,518 > F tabel = 2,71. Artinya secara simultan ada pengaruh antara variabel berupa media sosial (X1), google bisnis (X2), dan marketplace (X3) terhadap penjualan (Y). Sedangkan uji determinasi (R2) sebesar 0, 624 atau 62,4%. Hal ini berarti 62,4% variasi perubahan penjualan pada Keeanna Home Service Grill And Suki  dijelaskan oleh variasi perubahan faktor-faktor media sosial, google bisnis, dan marketplace. Sementara sisanya sebesar 37,6% diterangkan oleh faktor lain diluar ketiga variabel di atas yang tidak ikut terobservasi, misalnya LINE Official, Blackberry Messenger , Whatsapp dan lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan  Media Sosial, Google Bisnis dan Marketplace  berpengaruh positif terhadap Penjualan.

 Kata Kunci : Media Sosial, Google Bisnis, Marketplace, Penjualan


Full Text:

PDF

References


Aristejo, 2020 Penggunaan dan Manfaat Google Bisnisku untuk Usaha Kecil dan Menengah, Jurnal Sistem Informasi STMIK Antar Bangsa, Vol.9, No.1, hal.32 - 39

DeLone, W . H., & McLean, E. R. 2003. The Delone And Mclean Model Of Information Systems Success: A Ten- Year Update. Journal of Management Information System, 19(4), 9-30. https://doi.org/10.1080/07421222.2003.11045748.

Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 Edisi 9. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Kotler, Philip dan Amstrong. 2004. Principles of Marketing, IE. Prentice-Hall, New Jersey

Kotler, P., & Keller, K. L. 2009. Manajemen Pemasaran, 13th Edition.New Jersey: Upper Saddle River.

.................(UMKM 2016). Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1 & 2. Jakarta: PT.Indeks.

Saladin, Djaslim, 2006, Manajemen Pemasaran, Edisi Keempat, Bandung : Linda Karya

..............2008. Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan, Pelaksanaan, dan Pengendalian. Linda Karya. Bandung.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

.............. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

............. 2014. Statistika Untuk Penelitian, Bandung : Penerbit CV Alfabeta

.............. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet

................2017 “Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D ’’, Bandung: Penerbit CV. Alfabeta.

............... 2018. Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta

............... 2018. Metode Penelitian Kuantitatif. Cetakan ke-satu. Bandung: Alfabeta

Sutojo, S. 2009. Manajemen pemasaran. Jakarta: PT. Damar Mulia Pustaka.

STIE Wijaya Mulya., 2020. Panduan Penulisan Skripsi. Surakarta: Tim Penyusun

Trisnani. 2017. Pemanfaatan WhatsApp sebagai Media Komunikasi dan Kepuasan Dalam Penyampaian Pesan. Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika, Vol.6.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 JURNAL WIRANOMIKA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.